Selasa, 28 April 2009

Hikmah dariNya, banyak banget loh...!!

Afffh!!!

Pisau.
Ya Allah, jariku terluka.
Pedih, sakit, perih....dan rasa sakit itu membuat tubuhku jadi merinding. Lemes.

Aku ga tahu , kenapa tiba-tiba saja pisau itu telah tepat mematuk jariku saat aku ingin membuka tutup sebuah galon air. Ehm, rasanya aku emang sedang nglamun si. Tapi apa ya?
ah, I dunno more.

Careless, tepatnya.
Mungkin juga si. Tapi masa ah. Kan aku juga teririsnya ga sengaja. Apakah itu namanya takdir ataukah sebuah kecerobohan ?

Yang jelas, yang ku ingat ne....saat itu juga lukaku musti dibalut dengan Hansaplast setelah sebelumnya ditetesi ama betadine. Karena darahnya udah mulai lomba mo keluar. Bebas , Dia.

*****

Ya Allah, betapa mahal arti sebuah kehati-hatian. Kadang, untuk benar-benar faham akan arti sesuatu kita musti mengalami hal atau akibat yang sesungguhnya. Agar mengerti arti hati-hati terhadap pisau aja, musti mengalami luka iris terlebih dulu, kaya aku kemaren. Padahal ,perasaan sebelumnya udah pernah juga si keiris pisau. Tapi ga tau ko bisa ke ulang lagi ya.
Tak jarang juga, untuk ngerti arti sebuah kahati-hatian di jalan raya, kita musti pernah kecelakaan dulu, menabrak seseorang atau di tabrak, atau paling tidak nabrak trotoar lah. Nah, setelah itu , kalo mau ceroboh musti mikir dua kali khan? Kecuali klo emang udah dasar berotak bebal and mati rasa.
he..he..he....

Bumi Allah ini dipenuhi dengan ilmu dan ayat-ayatNya yang bertebaran di mana-mana. Mungkin lebih tepat jika disebut dengan Lautan Ilmu atau Samudra Ilmu. Seperti sebuah kalimat dalam buku edensornya si Andrea or si ikal itu loh, dia menyatakan bahwa langit adalah Kitab yang terbentang. Makanya Tak salah lagi kita kudu pinter-pinter "membaca".
Ya membaca.
Karena dengan berani membaca, kita bisa kemana-mana tanpa berpindah. Kita bisa menjelajahi segala sesuatu tanpa harus mengetahui hal yang sesungguhnya. Tentu saja melalui Lautan Ilmu-Nya yang udah ditebarkan di mana-mana untuk manusia.

Tapi, begitulah rahasia Allah Yang Maha Luas Ilmunya. Meski ilmu-ilmu tersebut udah ditebarin ke segala penjuru, ada hal-hal yang musti dikorbankan untuk meraihnya. Ibaratnya , ga gratis. Misalnya, Ketika berfikir kita musti memeras otak buat bekerja, stamina yang sehat dan lain-lainnya. Yang real aja, kita kudu sekolah, kursus, kuliah buat dapat ijazah. he..he....
maksudnya buat mengerti and mengetahui. Nah, itu semua kan juga ga gratis.

Jadi, sebenarnya Hidayah Allah itu udah ditebarkan di mana-mana buat makhlukNya. Nah, tinggal kitanya aja yang kudu berusaha mendapatkannya. Caranya ?
Wah, buanyak banget, guyz...!!! tapi yang jelas and pasti syaratnya kita kudu bisa " membaca ". Inget loh, membaca itu bukan hanya membaca buku ampe ngantuk-ngantuk or juga ampe pake kacamata gara-gara minus. Tapi membaca di sini termasuk juga , memikirkan, memahami, menganalisis, and....what else, mentadaburi, atau bertafakur gitu deh.
Jadi banyak banget.

Ok , Guyz...!!!

Setuju ya, semoga kita termasuk orang-orang yang bisa membaca ayat-ayatNya.
Selamat mengarungi samudra ilmu.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar